Cara Membuat Ruangan Terlihat Lebih Besar: 7 Tips Menipu Mata

Perlu menambahkan beberapa pizzazz ke ruang kecil? Lihat trik-trik cerdas yang terinspirasi dari desain interior ini. Saat melengkapi ruang kecil, semuanya penting. Dengan beberapa item yang ditempatkan dengan baik dan pilihan desain yang cerdas, Anda sebenarnya dapat membuat ruangan terlihat lebih besar. Teknik warna, penataan furnitur, penempatan cermin, dan desain pencahayaan yang kreatif dapat menipu mata dan membuat interior tampak jauh lebih luas dari yang sebenarnya.

Cara membuat ruangan terlihat lebih besar: 7 tips mudah

1. Gunakan kontras dan warna terang yang membuat ruangan terlihat lebih besar

Berikut cara membuat ruangan terlihat lebih besar dengan warna. (Petunjuk: Ini adalah ilusi optik.) Dalam dunia desain, warna cat yang terang membuat ruangan terlihat lebih besar dan cerah. Dinding yang terang dan terang lebih reflektif, membuat ruang terasa terbuka dan lapang, yang membantu memaksimalkan efek cahaya alami. Nuansa gelap cenderung menyerap cahaya, membuat ruangan terasa lebih kecil. Aksen dinding untuk membuat ruangan terlihat lebih besar adalah cara lain. Dinding aksen menambah warna ruang dekoratif tanpa terlalu mencolok.

Lantas, warna apa saja yang membuat ruangan terlihat lebih luas? Untuk efek optimal, gunakan nada lembut seperti putih pudar, biru, dan hijau, dan selalu ingat bahwa ruangan yang lebih terang terasa lebih besar dan lebih mengundang. Dan inilah retasan lain: Cobalah mengecat hiasan dinding dan cetakan Anda dengan warna yang lebih terang dari dinding Anda. Dengan demikian, dinding akan tampak lebih jauh ke belakang, membuat ruang tamu Anda tampak lebih besar.

2. Buka ruang Anda dengan pencahayaan kreatif

Cahaya alami membuka interior ruangan mana pun dan membuatnya terlihat lebih besar. Itu bagus jika Anda memiliki cahaya alami. Namun, jika tidak, jangan berkecil hati. Tambahkan beberapa efek kreatif menggunakan perlengkapan pencahayaan. Anda akan takjub melihat bagaimana penambahan kecil ini dapat membuat perbedaan besar.

Jika Anda memiliki akses ke cahaya alami, membawanya ke rumah Anda melalui jendela besar akan langsung menghubungkan ruangan dengan luar, tidak lagi membatasi ruang Anda. Gunakan penutup jendela tipis, atau tarik ke belakang sepenuhnya, untuk memungkinkan lebih banyak cahaya masuk. Jika pemandangannya buruk, letakkan tanaman atau bunga di dekat jendela dan gunakan lampu untuk menerangi ruangan.

3. Potong kekacauan

Salurkan Kondo batin Anda, dan jaga agar kamar Anda tetap rapi dan teratur. Tidak hanya akan memicu lebih banyak kegembiraan, tetapi tidak ada yang membuat ruang kecil terasa lebih sempit daripada terlalu banyak barang. Dengan hal-hal yang tertata rapi atau tidak terlihat, ruang yang terlihat akan terasa tertata dan terbuka.

Minimalisme juga berlaku untuk dinding Anda. Jangan menutupi dinding Anda dengan banyak gambar. Satu lukisan besar bekerja lebih baik daripada sekelompok lukisan kecil ketika Anda berpikir tentang bagaimana membuat ruangan terlihat lebih besar.

Dan cobalah untuk menjaga lantai sejelas mungkin. Hapus karpet besar untuk menciptakan ilusi lebih banyak ruang lantai.

4. Buat titik fokus

Pelajari cara membuat ruangan terlihat lebih besar melalui titik fokus yang mapan — satu area atau fitur yang akan menarik perhatian mata. Di ruang makan, itu mungkin meja. Di kamar tidur, itu tempat tidur. Jadikan titik fokus itu sebagai bintang ruangan. Atur furnitur sehingga fokus tertuju ke area itu, dan pertahankan dekorasi di seluruh ruangan seminimal mungkin (batasi jumlah aksesori).

5. Gunakan cermin

Jika Anda pernah bertanya-tanya, “Apakah cermin membuat ruangan terlihat lebih besar?” jawabannya adalah tegas, “Ya.” Cermin dapat membuat ruangan Anda terlihat lebih besar dan lebih terbuka. Gunakan titik fokus dan arahkan cermin Anda ke arahnya untuk memberikan ilusi kedalaman. Cermin juga memantulkan cahaya alami dan buatan untuk membuat ruangan lebih terang di siang dan malam hari. Menempatkan cermin di dekat jendela untuk memantulkan dunia luar sangat efektif.

Cermin pada dinding dan meja kaca juga akan membuat ruangan Anda terasa lebih terbuka, atau gunakan pintu lemari bercermin. Pernah mempertimbangkan cermin di lantai? Itu cara cerdas lain untuk membuat ruangan terlihat lebih besar.

6. Berkreasilah dengan furnitur

Menggunakan furnitur yang tepat adalah cara utama untuk membuat ruangan terlihat lebih besar. Salah satunya, gunakan furnitur multifungsi, seperti peti yang bisa digunakan sebagai meja kopi, tempat tidur sofa, atau tempat tidur dengan laci penyimpanan. Meja makan yang dapat diperluas, meja lipat, dan meja bersarang, yang dapat disimpan saat Anda tidak membutuhkannya, juga merupakan pilihan yang baik.

Perlu diingat bahwa furnitur tinggi dan besar dapat menghabiskan ruang yang berharga. Pilih sofa dan kursi dengan tangan terbuka dan kaki terbuka. Hal ini memungkinkan cahaya untuk menyaring di bawah furnitur, membuat ruangan tampak lebih lapang.

7. Maksimalkan penataan ruangan Anda

Atur skala furnitur Anda agar sesuai dengan ukuran ruangan. Tempatkan furnitur yang lebih besar di dinding untuk memaksimalkan ruang terbuka dan membuat ruangan terlihat lebih besar. Juga, jangan menghalangi jalan. Jika furnitur dan aksesori menghalangi pandangan ke dalam ruangan, maka akan terlihat sempit.

Garis lurus terpanjang di setiap ruangan adalah diagonal. Saat Anda menempatkan furnitur Anda pada suatu sudut, itu mengarahkan mata Anda ke sepanjang dinding yang lebih panjang. Bonus: Anda sering mendapatkan ruang penyimpanan tambahan di belakang potongan.

Jika Anda ingin menyewa kontraktor untuk mendesain rumah Anda sebaiknya Anda menghubungi jasa desain rumah yang bekerja profesional dan memberikan pelayanan terbaik.

Tinggalkan komentar